Motoaddict jabung : android —> e680/i

Wah keren… Akhirny e680/i jg bs jln pke android…!!!

Itulah kalimat yg pertama kali saya ucapkan ketika mendengar, melihat&menyaksikan Android OS bsa brjalan di hp kesayangan saya (e680i).Walaupun blum bisa nge “Patch”, Masukin, Nginstal & apapun lah namanya.Tp perasaan bangga, seneng (“bungah” dlm basa jawa) karena Android,OS (Operating System) atau Sistem Oprasi baru yg diluncurkan oleh Google. Yg menurut sumber yg saya dengar, akan di gunakan pada pada Netbook di tahun 2010 mendatang. Netbook Asus EeePC adalah yg pertama kali mendemonstrasikan OS dr 2 pengembangnya yaitu “Daniel Hartman dan Matthaus Krzykowski”.

Lagi, menurut wikipedia, Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Android menyediakan platform terbuka bagi para Pengembang menciptakan aplikasi mereka buat sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc membeli Android Inc, pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android,  dibentuklah Open Handset Alliance ,  konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak,  dan telekomunikasi, termasuk Google , HTC , Intel , Motorola , Qualcomm, T-Mobile , dan Nvidia .

Lalu karena Android merupakan open source, maka banyak user yang berusaha “mencangkokkan” dalam chipsetnya. Menurut kabar, pencangkokan sukses Android OS pertama kali adalah di dalam Zaurus dan kemudian dalam Omap Chipset yang berdasar pada N810.

Dan kita ketahui bahwa Motorola E680/i merupakan rangkaian EZX telepon yang menggunakan chipset “INTEL XSCAL-PXA270″ yang memakai Linux 2.4.20 kernel. Setelah beberapa study riset, kemudian para pakar berpikir&menyimpulkan bahwa motorola e680/i dapat melakukan pencangkokan penuh menggunakan Android OS.

to be continued …

by  : djier

Ditulis dalam MOTOaddict. 7 Comments »

7 Tanggapan to “Motoaddict jabung : android —> e680/i”

  1. gozen Says:

    ijin copas mas,matur suwun.

  2. dwie Says:

    om djier ,…………
    bagaimana cara mengubah e680 saya menjadi android,.. mohon bimbingan nya ,… 🙂 trimakasih

  3. amsayr Says:

    aslkm.. mas..
    mas tolong bimbingan gmn caranya e680 menjadi android..
    klo bisa ada video tutorialnya..
    please ya mas…

  4. doni Says:

    saya mau tanya nih gan….
    bagaimana cara untuk update system e680i sedangkan tool CD driver’a suport’a hnya ke xp sedangkan saya memakai os laptop saya windows 7 dan tidak support driver’a jadi bagaimana tuh gan!! trims.

  5. Dixie Says:

    I am really impressed with your writing abilities as neatly as with the format for
    your weblog. Is this a paid subject matter or did you modify it yourself?
    Either way keep up the nice quality writing, it’s uncommon to see a nice weblog like this one these days.


Tinggalkan komentar